Rabu, 28 Oktober 2015

BERBAGAI FAKTOR PENDORONG SEKTOR JASA


BERBAGAI FAKTOR PENDORONG SEKTOR JASA

Sektor jasa pada saat ini mengalami perubahan luarbiasa dan perubahan itu tidak hanya dipengaruhi oleh variabel lingkungan, pada kenyataan sektor jasa mengalami peningkatan yang luar biasa (greatest upheaval).
Perubahan besar yang terjadi adalah :kualitas tinggi, pengurangan biaya, pelayanan jasa, definisi baru tentang konsumen, peningkatan produktivitas, dan organisasi nirlaba dan publik yang memerlukan sumber income baru.

1. Kualitas ( Quality )
faktor paling penting yang mempengaruhi jasa pada saat ini adalah semakin meningkatnya harapan konsumen terhadap kualitas pelayanan ( service quality ) yang ditawarkan pada masa lalu.
Ada dua alasan yaitu bersifat internal dan eksternal yang mempengaruhinya. Adapun kekuatan eksternal dipicu oleh perubahan harapan konsumen, peraturan pemerintahan baru, peningkatan kualitas oleh pesaing, teknologi baru yang dapat membantu perusahaan untuk menyelsaikan tugas lebih cepat dan lebih efisien dari masa lalu dan kebutuhan untuk berfikir dan bertindak secara global. sedangkan kekuatan internal dipengaruhi oleh motif utama mengalahkan persaingan melalui : menawarkan jasa lebih baik, mengurangi tingkat kesalahan, mempertahankan konsumen loyal untuk mempertahankan pembelian uang, memperbaiki proses penyampaian ( delivery process ).
Ada beberapa cara meningkatkan kualitas dalam perusahaan yaitu
TQM ( total Quality Management ), quality re-enginering, proses perbaikan dan variasi dari model. semua metode menekankan pada proses menciptakan jasa. sehingga pemahaman terhadap perusahaan secara keseluruhan menjadi faktor penting.

2. Pengurangan Biaya ( Cost Control )
Pendorong lain adalah kebutuhan untuk mempertahankan biaya dan memaksimalkan efisiensi dan efektifitas sumber internal, beberapa perusahaan internasional telah dapat menurunkan struktur biaya daripada perusahaan domestik. Misalnya beberapa perusahaan jasa finansial telah memindahkan operasi pada negara dimana biaya buruh relatif rendah atau low cost domestic cities. Teknologi hardware dan software komputer secara dranatis telah mengurangi waktu proses dan pemesanan pada berbagai perusahaan dan menjanjikan efesiensi lebih besar dalah beberapa tahun mendatang.

3. Pelayanan Jasa ( Customer Service )
Dalam pasar yang tumbuh, konsumen kadang - kadang memberikan toleransi terhadap pelayanan yang kurang baik ( poor customer service ) untuk mendapat akses terhadap jasa yang mereka cari.

4. Definisi Baru Tentang Konsumen
Salah satu perubahan positif pada sektor jasa bahwa perusahaan mulai memperhatikan karyawan mereka sebagai konsimen internal yang menjadi ujung tombak keberhasilan perusahaan. Untuk meningkatkan kinerja karyawan, maka perusahaan berusaha bagaimana memenuhi kebutuhan mereka dan menggunakannya sebagai resources penting.

5. Peningkatan Produktivitas
Strategi meminimalisasi biaya tidak terlepas dari tekanan kuat untuk meningkatkan produktivitas dalam rangka menghadapi pesaing.
Penggunaan teknologi dalam mengembangkan customer self servis adalah merupakan salah satu usaha melakukan pengurangan biaya pada industri jasa. Re-enginering dari proses seringkali menghasilkan kecepatan oprasi dengan cara menghilangkan step yang kurang perlu.

6. Organisasi Nirlaba dan Publik Mencari Sumber Income Baru
Tekanan keuangan yang dihadapi organisasi publik dan non profit telah mendorong mereka tidak hanya melakukan pemotongan biaya dan mengembangkan oprasi secara efisien, tetapi juga menaruh perhatian pada kebutuhan konsumen. Perusahaan ini menjadi lebih selektif dalam menentukan segmen pasar yang mereka targetkan dan mengadopsi kebijaksanaan harga yang lebih realistis. Misalnya stadion olah raga sekarang menawarkan jasa tambahan seperti : restoran, toko yang menjual alat - alat olahraga, kaos dsb.


>>> diketik dari buku pemasaran jasa
gambar dari google

Terkait

Description: BERBAGAI FAKTOR PENDORONG SEKTOR JASA Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: BERBAGAI FAKTOR PENDORONG SEKTOR JASA
Al
Mbah Qopet Updated at: 20.01

1 komentar: